Puasa : Pahala Dapat, Kesehatan Pun Terjaga



Berpuasa sudah menjadi rukun islam dan telah ada juga perintah langsung dari Allah swt mengenai perintah berpuasa ramadhan (Al-Baqarah: 183). Menjalankannya adalah kewajiban bagi setiap kaum muslimin yang sudah baligh. 
     
      Kegiatan berpuasa sudah ada sejak zaman dahulu sampai sekarang. Puasa tak bisa dilihat hanya sebagai menahan lapar dan haus saja, selain mendapat pahala disamping itu berpuasa juga mempunyai manfaat untuk kesehatan. Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul dari akibat pola makan yang berlebihan dan tidak terkontrol.

      Sebagian besar dari kita masih melihat puasa dari segi ibadah saja, kurang melihat bahwa dibalik berpuasa itu juga ada dampaknya untuk kesehatan. Rasulullah Saw bersabda: "Bepuasalah, niscaya kalian sehat" ( HR.Ibnu as-sunni dan Abu Nu'aim. As-suyuthi menghasankan hadits tersebut).

     Agar kita lebih termotivasi untuk menjalankan puasa, inilah manfaat berpuasa bagi kesehatan :

1. Umur Panjang

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa mendorong tubuh untuk memproduksi sel-sel dan menggantikan yang sudah rusak. Menggantinya dengan yang baru dan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa jadi rahasia umur panjang

2. Jantung Sehat





Puasa dapat menyembuhkan hipertensi dengan menormalkan tekanan darah. Puasa juga mampu meningkatkan level kolesterol dan menyembuhkan atherosclerosis




3. Kesehatan Otak

Puasa dapat mendorong kejernihan pikiran, meningkatkan konsentrasi dan fokus. Penelitian
menunjukkan bahwa puasa mendorong tubuh untuk memproduksi sel-sel dan menggantikan yang sudah rusak. Ini baik untuk otak dan mencegah penyakit alzheimer.





4. Melawan Infamasi

Puasa dapat mengurangi inflamasi ditubuh. Menyembuhkan penyakit yang lama dan pembengkakan.
Puasa dapat meningkatkan kondisi untuk lebih tahan terhadap arthritis, nyeri sendi, dan sakit punggung.




5. Detoksifikasi

Puasa dapat ber efek pembersihan racun sampai ketingkat sel. Racun dari lingkungan sekitar, junkfood, dan obat tersimpan di tubuh dan terakumulasi. Puasa dapat mengurangi hal-hal tersebut yang berefek kepada meningkatnya kesehatan ditubuh.




6. Pencegahan

Penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes, alzheimer, parkinson dan dementia


7. Penyembuhan Untuk Diabetes

Puasa dapat mengurangi kadar gula dalam darah, mendorong penurunan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.




8. Penurunan Berat Badan

Puasa mendorong penurunan berat badan yang sehat. Setelah 2-3 hari puasa, tubuh membakar lemak untuk energi.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar